Sejarah Desa

26 Agustus 2016
Administrator
Dibaca 493 Kali

Desa Bontomasila adalah salah satu desa di Kecamatan Gantarang, yang merupakan pemekaran dari Desa Bontoraja dan Desa Bonto Macinna. Desa ini letaknya sangat strategis karena merupakan jalur penghubung transportasi dari kota Bulukumba ke Kecamatan Pajjukukang Kabupaten Bantaeng.

          Awalnya Desa Bontomasila adalah sebuah perkampungan Dusun yang disebut  dengan Batumasila karena merupakan daerah yang memiliki banyak batu dan salah satunya yaitu Banyaknya Batu Gajah. Nama Bontomasila berubah setelah berpisah dengan Desa Bontomacinna sebagai Desa induk

Pada tanggal 19 Agustus 1990 Desa Bontomasila terbentuk dan bepisah dengan Desa Bontomacinna sebagai Desa Persiapan yang dipimpin oleh seorang Kepala Desa bernama Andi Asraruddin, Ba. yang merupakan putra dari pasangan suami istri Andi Paduai dan Andi Marinong. Andi Asraruddin, BA. menjabat sebagai kepala Desa Bontomasila selama kurang lebih 4 tahun.

Pada Tahun 1994 Desa Bontomasila menjadi Desa definitif setelah diadakan pesta demokrasi pemilihan Kepala Desa Bontomasila yang diikuti oleh orang 3 calon yaitu: Andi Asraruddin, BA, Andi Hukmiddin dan Andi Adnan. Setelah perhitungan suara, yang meraih suara terbanyak adalah Bapak Andi Hukmiddin yang merupakan putra dari Suami Istri H. Andi Abd. Djabbar dan Hj. Andi Hapsah.

Di awal perkembangan Desa Bontomasila pada era Andi Hukmiddin Djabbar Desa Bontomasila menjadi Desa Inpres Desa Tertinggal (IDT). Melalui status IDT  sehingga pemerintah Kabupaten Bulukumba memberikan banyak bantuan berupa : bantuan bibit unggas bagi masyarakat miskin.

Pada tahun 2002 diadakan kembali pemilihan Kepala Desa dan dimenangkan oleh Andi Gusti Hasyim yang merupakan putra dari pasangan Andi Hasyim dan Sitti Sapiah. Andi Gusti Hasyim memimpin Desa Bontomasila selama dua priode.

Selanjutnya pada tahun 2014 diadakan kembali pemilihan Kepala Desa Bontomasila dan dimenangkan oleh Sagaruddin. Dengan semangat gotong royong masyarakat bersama pemerintah Desa Bontomasila dan lembaga yang ada di Desa  sehingga status Bontomasila berubah menjadi Desa yang berkembang.

Pada tanggal 5 Maret 2020 diadakan kembali pemilihan Kepala Desa untuk priode 2021-2026. Pemilihan Kepala Desa tersebut berhasil dimenangkan oleh Andi Agung Ardyan Sabir yang merupakan putra dari pasangan Andi Muhammad Sabir dan Annike Ali Namba.

NAMA-NAMA KEPALA DESA BONTOMASILA

Dari periode ke periode

No

Periode

Nama Kepala Desa

Keterangan

1.

1990-1994

A. Asraruddin, BA

Kepala Desa Persiapan

 Persiapa Persiapa

2.

1994-2002

A. Hukmiddin

Kepala Desa

3.

2002-2014

A. Gusti Hasyim

Kepala Desa

4.

2014-2020

Sagaruddin

Kepala Desa

5.

2020-Sekarang

A. Agung Ardyan. S

Kepala Desa

         

           Sumber : Profil Desa